Selasa, 29 April 2014


          Salah satu pahlawan wanita di Indonesia adalah R.A Kartini yang lahir 21 April 1879 Jepara, Jawa Tengah. Dia adalah anak seorang bangsawan yang sangat pada adat istiadat. R.A Kartini mencapai pendidikan hingga sekolah dasar di karenakan tidak diperbolehkan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, setelah lulus dia akan dinikahkan dan tidak diperbolehkan keluar rumah.

          Saat menunggu waktu pernikahan, dia banyak melakukan kegiatan membaca, dari buku yang dibacanya dia terinspirasi oleh wanita eropa,maka timbullah keinginan untuk memajukan wanita Indonesia. Wanita tidak hanya dirumah tetapi juga mempunyai ilmu.
            
           Kemudian , R.A Kartini mengumpulkan teman - teman wanita untuk diajarkan menulis dan membaca. Kegiatan membaca dan menulis surat pun masih dia lakukan dan salah satu surat yang dia buat adalah untuk Mr.J.H Abendanon, maksud dari surat tersebut untuk diberikan beasiswa untuk bersekolah dinegeri belanda. Beasiswa yang didapatnya tidak sempat dia dapatkan, karena R.A Kartini oleh orang tuanya dengan Raden Adipati Joyodiningrat.
             
            Setelah menikah R.A Kartini dan suaminya pergi ke daerah Rembang, R.A Kartini bermaksud untuk memajukan wanita Indonesia dan hal ini dimengertio oleh suaminya akan  keinginan kartini tersebut, maka R.A. Kartini diberi dukungan mendirikan sekolah wanita yang letaknya disebelah timur kantor kabupaten Rembang. Ketenarannya tidak membuat dia sombong, santun, menghormati keluarga, dan orang lain.

            R.A. Kartini mempunyai anak pertamanya yang diberi nama Soesalit Djojoadhiningrat yang lahir 13 September 1904, kemudian 17 September 1904 R.A. Kartini meninggal dunia yang berusia 25 tahun. Dimakamkan diDesa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar